Letak Karimunjawa di Kota Jepara

Posted by


Letak Karimunjawa di Kota Jepara. Pernahkah anda mendengar pulau yang bernama Karimunjawa?. Sedikit banyak, masyarakat Indonesia pasti sudah pernah mendengar. Soalnya sudah banyak media entah itu elektronik maupun cetak beberapa kali memberitakan pulau ini. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu, dimana Letak Karimunjawa?.

Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Kalau dari dulu banyak orang mengenal kota Jepara sebagai gudang mebel dan ukir, sekarang Jepara juga dikenal punya tempat wisata laut yaitu Pulau Karimunjawa. Memang kota Jepara punya andalan wisata laut seperti Pantai Kartini dan Bandengan yang sudah lama dikenal. Namun Karimunjawa yang merupakan wisata dalam suatu pulau, akhir-akhir ini juga tidak kalah popular dengan kedua wisata itu. Letak Karimunjawa masih dalam ruang lingkup kabupaten Jepara. Cuma letaknya agak berbeda pada pulau yang terletak di tengah laut.

Letak Karimunjawa di Kota Jepara

Menurut ceritanya, sang penemu pulau Karimunjawa adalah Sunan Muria. Sunan Muria merupakan seorang wali dari Walisongo yang namanya sangat popular di telinga masyarakat Indonesia. Pada waktu itu, Sunan Muria merasa prihatin terhadap kenalan putranya yang bernama Amir Hasan. Dengan maksud mendidik putranya, beliau menyuruh Amir Hasan untuk pergi ke pulau yang terlihat “kremun-kremun”(kabur) jika dilihat dari atas gunung Muria. Berasal dari sebutan “kremun-kremun”itulah, pulau ini sekarang bernama Karimun. Secara geografis, Letak Karimunjawa jika dilihat dari gunung Muria yang terletak di Kabupaten Kudus jelas agak samar. Sehingga tidak memungkinkan mata melihat dengan jelas pulau ini.

Pada tanggal 15 Maret 2001 kemarin, pulau Karimunjawa ditetapkan pemerintah Jepara sebagai taman nasional. Karimunjawa kemudian digarap sebagai tempat untuk berwisata yang cukup menarik. Wisata pulau di tengah laut menyajikan pemandangan indah-indah. Mulai dari terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan juga senjis hewan. Setiap orang yang sudah masuk ke dalam pulau ini akan betah tinggal berlama-lama. Apalagi pasangan yang baru menikah, dijamin sangat mengesankan. Dengan Letak Karimunjawa di tengah laut menjadikan seolah dunia hanya milik berdua.

Walaupun Letak Karimunjawa terletak jauh dari pusat kota Jepara, penduduk pulau tersebut cukup banyak. Penduduk pulau Karimunjawa berjumlah 8000 jiwa tersebar pada lima pulau. Sebab pulau-pulau di Karimunjawa berjumlah 27. Tapi hanya lima pulau sajalah yang baru bisa dihuni manusia. Kelima pulau itu antara lain: Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting. Sedangkan yang lain tidak berpenghuni.

Kunjungan Wisatawan

Seiring dengan semakin popularnya Pulau Karimunjawa ternyata membawa dampak positif terhadap kas daerah. Pasalnya setiap bulan banyak wisatawan baik itu wisawatan lokal maupun mancanegara yang datang silih berganti mengunjungi Karimunjawa. Tidak ada tujuan lain kecuali hanya ingin merasakan keindahan panorama laut dan hutan di sana. Hal ini terbukti dengan adanya sejumlah jasa wisata Karimunjawa yang banyak bertebaran di dunia maya. Sehingga sangat memudahkan orang di berbagai pulau dan Negara bisa mendapat informasi tentang pulau andalan Jepara ini.

Selain itu, kedatangan wisatawan ternyata membawa berkah terhadap penduduk Karimunjawa yang banyak menyediakan losmen, homestay, hotel, warung, dan lain-lain. Letak Karimunjawa yang penuh dengan aroma kelautan menjadikan pengunjung bisa menikmati aneka jenis macam pemandangan seperti pasir, palung, karang, hutan, dan sebagainya.

Star ke Karimunjawa

Intinya, jika anda ingin berkunjung ke Karimunjawa sangat mudah. Anda bisa melakukannya dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Di tempat ini terdapat Kapal Kartini yang siap mengantarkan wisatawan ke Letak Karimunjawa dengan cepat. Berangkat hari Sabtu pukul 9 dan kembali dari Karimunjawa hari Minggu siang.
Atau jika anda ingin lewat Jepara, anda bisa juga ke dermaga Pantai Kartini.  Di tempat ini juga tersedia kapal Muria yang siap mengantar anda ke Karimunjawa. Jadwal kapal biasanya hari Selasa, Kamis, Sabtu jam 9 pagi dan kembali dari Karimunjawa hari Rabu, Jum’at, dan Minggu jam 8. Namun Letak Karimunjawayang terletak di tengah laut, terkadang membuat jadwal pemberangkatan bisa berubah-ubah setiap waktu, tergantung kondisi cuacanya. Sehingga jadwal pemberangkatan tersebut tidak bersifat permanen.

Oleh karena itu, sekarang anda sudah tahu Karimunjawa dan Letak Karimunjawa. Jika anda sudah tahu, segera planning kapan akan berkunjung ke sana. 


Blog, Updated at: 09.04

2 komentar: